Rss Feed

7 Sekolah terbaik di Tapanuli

Berikut ini merupakan 7 daftar SMA terbaik di Tapanuli yang dihimpun dari berbagai sumber :
1. SMAN 2 Balige
http://www.sman2balige.sch.id
Berangkat dari keinginan untuk berbakti bagi Bangsa dan Negara lewat bidang pendidikan di Indonesia, khususnya di kawasan Tapanuli, atas prakarsa TB Silalahi dan rekan-rekannya, yakni para alumni SMA Soposurung tahun 1950-an hingga 1960-an, didirikan Yayasan Soposurung pada tahun 1990. Yayasan ini bergerak dalam bidang pendidikan untuk peningkatan sumber daya manusia Indonesia. Untuk mencari mitra strategis yang mampu mengatasi tantangan yang ada, Yayasan Soposurung memutuskan untuk bekerjasama dengan Pemerintah. Perjanjian kerjasama Depdikbud dengan Yayasan Soposurung No. 7184/105/7/91.1 – No. 916/YYS/X/VL tanggal 10 Oktober 1991 adalah cikal bakal berdirinya SMA Negeri 2 Balige . Depdikbud memberi kewenangan terhadap Yayasan Soposurung mendirikan asrama siswa dan fasilitas yang dibutuhkan serta melakukan renovasi terhadap gedung eks-SPG Negeri Balige dengan lahan seluas 62.845 meter persegi untuk dipergunakan sebagai fasilitas dari sekolah unit baru yang berdiri atas kerjasama kedua belah pihak. Sekolah Unit baru yang didirikan pada tahun 1991 tersebut adalah SMA Negeri 3 Balige yang kemudian mengalami perubahan nama sesuai dengan kebijakan pemerintah menjadi SMU Negeri 3 Balige selanjutnya berubah nama lagi menjadi SMU Negeri 2 Balige dan sekarang menjadi SMA Negeri 2 Balige.
  • Perwakilan Sumatera Utara dalam lomba Regional Innovative Teachers Competition 2009 di Kuala Lumpur Malaysia 27-29 Mei 2009

SMAN 2 Balige
2. SMAN 1 Matauli Pandan Sibolga
http://www.sman1-matauli.sch.id
Sekolah unggul di SMU Negeri 1 Matauli dibentuk atas dasar kesadaran tokoh-tokoh masyarakat Sumatera Utara terutama Bapak Feisal Tanjung dan Bapak Akbar Tanjung yang didorong dengan kebijakan “Marsipature Hutana Be” yang artinya “membangun kampung halaman”. Hal itu tumbuh berdasarkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kualitas sumber daya manusia, terutama dari daerah asalnya. Seleksi siswa yang masuk sekolah unggulan meliputi pertimbangan nilai rapor SLTP, NEM SLTP, tes akademik, tes kesehatan/kesamaptaan, dan tes psikologi. Siswa yang lulus dimasukkan kedalam suatu kelas unggul dan mereka diberi beasiswa, diasramakan, mendapat berbagai fasilitas, dan bebas SPP, sedangkan siswa yang tidak lulus seleksi dimasukkan ke kelas biasa dan mengikuti program biasa. Semua guru Matauli telah memenuhi standar yang diprogramkan. Sebagai motivator, guru juga diberi kemudahan-kemudahan seperti perumahan, pakaian, dan gaji yang lebih tinggi dari guru pada umumnya. Sarana-prasarana pendidikan telah dibangun memenuhi standar minimal disertai fasilitas seperti laboratorium, perpustakaan, dan sarana ekstrakurikuler yang lengkap.
Prestasi :
  1. Perwakilan Sumatera Utara pada Olimpiade tingkat Nasional di Medan 2010
  2. Perwakilan Indonesia pada final Round World Physics Olympiade (WoPhO), di Mataram, 28 Desember 2011-3 Januari 2011
  3. PASKIBRAKA NASIONAL TAHUN 1998
  4. PASKIBRAKA NASIONAL TAHUN 2002
  5. Perwakilan Indonesia Olimpiade Matematika Argentina
  6. Perwakilan Indonesia Olimpiade Matematika Beijing
  7. Perwakilan Indonesia Olimpiade Biologi Turki
  8. Mengirimkan 3 Orang siswa menjadi peserta Sommer Camp di Jerman dari Goethe Institute Indonesia (Jerman) 2009
Matauli

3. SMAN 2 Plus Sipirok
http://www.sman2plusypmhb.sch.id
SMA Plus Marsipature Hutanabe adalah sebuah sekolah menengah atas negeri yang terletak di Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara. Sekolah ini didirikan oleh Almarhum Raja Inal Siregar mantan Gubernur Sumatera Utara bersama dengan masyarakat Tapanuli Selatan. SMA Plus Marsipature Hutanabe didirikan pada tahun 1996 dan merupakan satu-satunya SMA yang berstatus Plus di Tapanuli selatan.Fasilitas yg tersedia di sekolah ini sangat lengkap seperti asrama, pakaian seragam, biaya makan yang diberikan secara gratis.  Para siswa yang ingin masuk ke sekolah ini harus di seleksi terlebih dahulu. Proses sleksi dilakukan melalui dua tahapan. Tahapan pertama adalah seleksi administrasi. Pada sleksi administrasi, siswa yang berperingkat 10 besar selama SMP dari kelas 1 sampai kelas 3 saja yang bisa lolos seleksi administrasi.
Tahapan kedua adalah seleksi tes potensi akademik, psikotes, kesemaptaan, kesehatan, dan wawancara.
Prestasi – prestasi SMAN 2 Plus Sipirok :
  • Juara III Cerdas Cermat UUD 45 dan Tap MPR RI TK Propinsi Sumatra Utara Tahun 2009
  • Nominasi Terbaik Karya Tulis TK Nasional Tahun 2008
  • Masuk Final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tk Provinsi ( Juni 2006)
  • Masuk final cerdas cermat Tk Provinsi Sumatera Utara dan memperoleh juara III. Dan satu-satunya peserta SNBI yang masuk final. ( Pebruari 2007)
  • Memperoleh nilai akreditasi’A’ yang dilakukan pada bulan Desember
  • Peringkat I UAN Tahun Pelajaran 2003 / 2004 se- Sumatera Utara
  • Peringkat III UAN Tahun Pelajaran 2002 / 2003 se- Sumatera Utara
  • Peringkat III Perpustakaan Terbaik se- Sumatera Utara
  • Juara I Olimpiade Matematika Tahun 2003 se- Sumatera Utara
4. SMA N  1 Padang Sidempuan
SMA Negeri 1 Padang Sidempuan, yang beralamat di Jl. Merdeka, Padang Sidempuan, Sumatera Utara,  merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN Padang Sidempuan ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Alumni-alumni ini tersebar di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Diantaranya Medan, Padang, Riau, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogjakarta, Semarang dan kota lainnya. Sebagian besar mereka kuliah di Perguruan Tinggi negeri maupun swasta, diantaranya UNIMED, USU, AMIK, TRIKOM, POLITEKNIK MEDAN, UNP, UNAD, UNRI, UNSRI, UNIB, UNILA, UI, UNIV. PANCASILA, TRISAKTI, UNIKA ATMAJAYA (JAKARTA DAN JOGJAKARTA), ITB, UNPAD, IPB, UNDIP, UNNES dan beberapa universitas lainnya.
5. SMA N 1 Balige
SMA Negeri 1 Balige, yang beralamat di Jl. Kartini, Balige, Sumatera Utara,  merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Balige ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Alumni-alumni ini tersebar di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Diantaranya Medan, Padang, Riau, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogjakarta, Semarang dan kota lainnya. Sebagian besar mereka kuliah di Perguruan Tinggi negeri maupun swasta, diantaranya UNIMED, USU, AMIK, TRIKOM, POLITEKNIK MEDAN, UNP, UNAD, UNRI, UNSRI, UNIB, UNILA, UI, UNIV. PANCASILA, TRISAKTI, UNIKA ATMAJAYA (JAKARTA DAN JOGJAKARTA), ITB, UNPAD, IPB, UNDIP, UNNES dan beberapa universitas lainnya.
Prestasi – prestasi SMAN 1 Balige :
  • Guru SMAN 1 Balige menjadi Finalis National Innovative Teacher Competition 2008
  • Perwakilan Sumatera Utara untuk mengikuti Kejurnas Wushu yang berlangsung di Yogyakarta 20-23 Mei 2011
6. SMA N 1 Pangururan
SMA Negeri 1 Pangururan merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Pangururan ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Alumni-alumni ini tersebar di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Diantaranya Medan, Padang, Riau, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogjakarta, Semarang dan kota lainnya. Sebagian besar mereka kuliah di Perguruan Tinggi negeri maupun swasta, diantaranya UNIMED, USU, NOMENSEN, METHODIST, AMIK, TRIKOM, POLITEKNIK MEDAN, UNP, UNAD, UNRI, UNSRI, UNIB, UNILA, UI, UNIV. PANCASILA, TRISAKTI, UNIKA ATMAJAYA (JAKARTA DAN JOGJAKARTA), ITB, UNPAD, IPB, UNDIP, UNNES dan beberapa universitas lainnya.
Prestasi – prestasi SMAN 1 Pangururan :
  • Perwakilan Sumatera Utara pada Festival dan Lomba Seni Nasional (FLS2N) di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 17-23 Juli 2012.
  • Perwakilan Sumatera Utara pada Lomba Cerdas Cermat (LCC) Tingkat Nasional di Jakarta, Oktober 2011.
  • Perwakilan Sumatera Utara pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), di Makassar pada Juni 2011
7. SMA N 1 Tarutung
SMA Negeri 1 Tarutung, yang beralamat di JL. AE. Situmorang Tangsi-Tarutung,  merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Tarutung ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Alumni-alumni ini tersebar di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Diantaranya Medan, Padang, Riau, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogjakarta, Semarang dan kota lainnya. Sebagian besar mereka kuliah di Perguruan Tinggi negeri maupun swasta, diantaranya UNIMED, USU, NOMENSEN, METHODIST, AMIK, TRIKOM, POLITEKNIK MEDAN, UNP, UNAD, UNRI, UNSRI, UNIB, UNILA, UI, UNIV. PANCASILA, TRISAKTI, UNIKA ATMAJAYA (JAKARTA DAN JOGJAKARTA), ITB, UNPAD, IPB, UNDIP, UNNES dan beberapa universitas lainnya.
Selain SMA diatas saat ini terdapat beberapa SMA yang baru saja dibangun di kawasan Tapanuli yang mungkin akan menjadi salah satu SMA terbaik di Tapanuli dimasa mendatang.
1. SMA Unggul Del
http://smadel.pidel.org
SMA Unggul Del dibuka pada tahun akademik 2012/2013 yang merupakan bagian dari Yayasan Del yang didirikan oleh Bapak Luhut Panjaitan. Muatan utama unggulan adalah Matematika dan IPA (MIPA), untuk meningkatkan kemampuan logika melalui model kurikulum integratif, silabus ajar, praktek laboratorium, dan lapangan. Siswa SMA Unggul Del diwajibkan untuk tinggal dalam asrama selama menempuh masa studinya. Siswa akan menjalani waktu belajar tatap muka di kelas pada pagi sampai siang hari. Kegiatan sore hari dipusatkan pada kegiatan mandiri siswa di laboratorium, kegiatan seni dan olahraga, serta kegiatan pengembangan diri baik secara rohani maupun karakter pribadi. Beasiswa disediakan bagi para siswa yang kurang mampu secara ekonomi, selama siswa memenuhi starndar kualifikasi dan prestasi yang dipersyaratkan.
2.SMA Plus Negeri 2 Lintongnihuta
SMA Plus Negeri 2 Lintongnihuta diresmikan oleh Mantan Gubernus Sumatera Utara Syamsul Arifin pada 28 Juli 2009, SMA ini resmi menerima siswa dan siswi baru pada tahun ajaran 2012/2013. Guru pengajar dan siswa yang diterima di SMA Plus Negeri 2 Lintongnihuta langsung diseleksi oleh UNIMED untuk menjamin kualitas pendidikan dan murid didik dari SMA ini.SMA Negeri 2 Lintongnihuta ini diproyeksikan sebagai Sekolah Unggulan atau sekolah Plus yang berarti bahwa SMA Negeri 2 Lintongnihuta unggul dalam hal tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, para siswa yang berprestasi, sarana dan prasarana sekolah maupun fasilitas lainnya sehingga diharapkan nantinya keluaran atau output SMA Negeri 2 Lintongnihuta akan lebih unggul dari sekolah SMA Negeri lainnya yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan maupun di kawasan Tapanuli.

0 komentar:

Posting Komentar