Rss Feed

10 Universitas terbaik Di Indonesia

  Berikut ini adalah daftar universitas terbaik di Indonesia berdasarkan peringkat dunia:
10. Universitas Diponegoro (UNDIP) - Peringkat Dunia : 949
Logo Universitas DiponegoroUniversitas Diponegoro, lebih dikenal dengan singkatannya, UNDIP merupakan universitas di Jawa Tengah, Indonesia yang berdiri pada tahun 1956 sebagai universitas swasta dan baru mendapatkan status perguruan tinggi negeri pada tahu 1961. Kata Diponegoro sendiri diambil dari pahlawan nasional yang merupakan pangeran Jawa Tengah dalam perlawanan terhadap kolonialisme Belanda di awal abad ke-18.
Universitas Diponegoro memiliki beberapa fasilitas yakni Hukum, Ekonomi, Kedokteran, Teknik, Ilmu Budaya, Kesehatan Masyarakat, Sains dan Matematika, Ilmu Sosial dan Politik, Peternakan dan Pertanian, Perikanan dan Kelautan, dan Psikologi.
Peringkat Perguruan Tinggi atau Universitas pada setiap indikator:
Presence Rank : 1687
Impact Rank : 1012
Openness Rank : 220
Excellence Rank : 2872
9. Universitas Sebelas Maret (UNS) - Peringkat Dunia : 885
Logo Universitas Sebelas Maret (UNS)Universitas Sebelas Maret, berdiri pada tanggal 11 Maret 1976 yang merupakan gabungan dari 5 perguruan tinggi yang ada di Surakarta, antara lain Institut pelatihan dan Pendidikan Guru Surakarta, Sekolah Mengengah Olahraga Surakarta, Akademi Administrasi Bisnis Surakarta, Universitas Gabungan Surakarta, Fakultas Obat-obatan Departemen Pertahan dan Keamanan Pengembangan Pendidikan Tinggi Nasional Surakarta. Hasil dari penggabungan ini memiliki satu tujuan , yakni meningkatkan kualitas perguruan tinggi atau universitas di Surakarta.
Universitas yang dapat disingkat sebagai UNS ini merupakan salah satu universitas negeri Indonesia yang berada di kota Surakarta. Universitas ini menyediakan berbagai paket pendidikan seperti Diploma, Sarjana, Pascasarjana, dan Doktoral.
Peringkat Perguruan Tinggi atau Universitas pada setiap indikator:
Presence Rank : 208
Impact Rank : 515
Openness Rank : 332
Excellence Rank : 4606
8. Universitas Brawijaya (UB) - Peringkat Dunia : 839
Logo Universitas Brawijaya (UB) MalangUniversitas Brawijaya (UB) merupakan universitas atau perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Malang, Indonesia. Universitas ini diresmikan sebagai universitas negeri pada tahun 1963, saat ini merupakan salah satu universitas negeri terkemuka di Indonesia yang memiliki puluhan ribu mahasiswa dengan berbagai strata, dimulai dari program pendidikan Diploma, Sarjana, Magister, Dokter, Spesialis, sampai Profesi.
Kampus UB berada di Kota Malang, Jawa Timur dengan lokasi yang mudah dijangkau oleh kendaraan umum. Kampus UB memiliki banyak pepohonan dengan dukungan hawa sejuk kota Malang.
Peringkat Perguruan Tinggi atau Universitas pada setiap indikator:
Presence Rank : 174
Impact Rank : 368
Openness Rank : 1755
Excellence Rank : 2978
7. Institut Pertanian Bogor (IPB) - Peringkat Dunia : 765
Logo Institut Pertanian BogorIPB atau lebih sering kita dengar dengan nama lengkapnya Institut Pertanian Bogor merupakan lembaga perguruan tinggi pertaniaan yang pada sejarahnya merupakan hasil bentukan dari lembaga-lembaga pendidikan tingkat menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan pada awal abad 20 di Bogor. IPB berlokasikan di Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Provisin Jawa Barat.
Institut Pertanian Bogor ini merupakan universitas atau perguruan tinggi pertanian negeri yang berada di Bogor, ia melepaskan diri dari Universitas Indonesia (UI) pada tahun 1963.
Peringkat Perguruan Tinggi atau Universitas pada setiap indikator:
Presence Rank : 70
Impact Rank : 881
Openness Rank : 906
Excellence Rank : 2448
6. Universitas Gunadarma - Peringkat Dunia : 741
Logo Universitas GunadarmaUniversitas ini adalah perguruan tinggi atau universitas swasta Depok, Jawa Barat, Indonesia. Universitas Gunadarman ini berhasil membuka milenium baru pendidikan perguruan tinggi dengan membuka program Doktor Ilmu Ekonomi pada tanggal 30 Juli 2011.
Salah satu MISI Universitas ini adalah "Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa."
Peringkat Perguruan Tinggi atau Universitas pada setiap indikator:
Presence Rank : 115
Impact Rank : 140
Openness Rank : 830
Excellence Rank : 4606
5. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  - Peringkat Dunia : 631
Logo Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)Universitas Pendidikan Indonesia, atau singkatnya UPI didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 Oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Muhammad Yamin, dari yang sebelumnya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG).
UPI adalah perguruan tinggi atau universitas yang kampus utamanya berkedudukan di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Sejak Tahun 2012, UPI kembali berstatus sebagai perguruan tinggi negeri dari yang sebelumnya merupakan perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN). UPI sendiri memiliki banyak kampus, dimulai dari yang berlokasi di Bandung, Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta sampai Serang.
Peringkat Perguruan Tinggi atau Universitas pada setiap indikator:
Presence Rank : 39
Impact Rank : 341
Openness Rank : 334
Excellence Rank : 3993
4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) - Peringkat Dunia : 583
Logo Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)ITS atau Institut Teknologi Sepuluh Nopember, merupakan salah satu perguruan tinggi teknik terbesar di Indonesia, yang juga merupakan salah satu pusat unggulan sains dan teknologi di Indonesia. ITS ini sendiri terletak di Suraybaya, Jawa Timur, Indonesia. Memiliki beberapa kampus yang salah satunya memiliki luas area sebesar 180 hektar, yakni Kampus ITS Sukolilo .
Nama dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember sendiri melambangkan sejarang pendiriannya, dimana kata "Nopember" tidak dimodernkan menjadi "November". Hal ini dikarenakan sejarahnya. Walaupun berdiri pada tahun 1957, ITS meresmikan tanggal kelahiran perguruan tinggi atau universitas ini pada tahun 1960 yang  bertepatan dengan hari pahlawan.
Peringkat Perguruan Tinggi atau Universitas pada setiap indikator:
Presence Rank : 20
Impact Rank : 750
Openness Rank : 92
Excellence Rank : 3320
3. Institut Teknologi Bandung (ITB) - Peringkat Dunia : 569
Logo Institut Teknologi Bandung (ITB)Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan perguruan tinggi di Bandung yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Sejak tahun 2012, ITB diresmikan sebagai perguruan tinggi negara. ITB memiliki akreditasi secara internasional dari salah satu lembaga akreditasi independen Amerika Serika, ABET. ITB juga merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri di Indonesia yang memiliki akreditasi Internasional tersebut.
Institut Teknologi Bandung sendiri memiliki asrama mahasiswa, perumahan dosen dan kantor pusat administrasi yan tidak terletak di kampus utama, tapi masih dalam jangkauan yang mudah untuk ditempuh. Fasilitas-fasilitas di ITB sendiri sangatlah banyak, beberapa di antaranya adalah laboratorium, bengkel, studio, galeri, fasilitas olah raga.
Peringkat Perguruan tinggi atau Universitas pada setiap indikator:
Presence Rank : 1683
Impact Rank : 152
Openness Rank : 796
Excellence Rank : 1874
2. Universitas Indonesia - Peringkat Dunia : 508
Logo Universitas Indonesia (UI)Universitas Indonesia, lebih dikenal dengan nama UI yang kampus-kampusnya terletak di Utara Depok, Jawa Barat, Jakarta Pusat ini adalah lembaga pendidikan terdepan dan bergengsi di Indonesia. UI pernah mendapat peringkat tertinggi di Indonesia pada tahun 2006 dan peringkat 395 di THES World University Rangkings pada 2007.
UI ini adalah salah satu dari 3 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk ke universitas tinggi papan atas, bersama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Universitas ini memiliki moto "Kebenaran, Kejujuran dan Keadilan."
Peringkat Perguruan Tinggi atau Universitas pada setiap indikator:
Presence Rank : 42
Impact Rank : 544
Openness Rank : 787
Excelence Rank : 1733
1. Universitas Gajah Mada (UGM) - Peringkat Dunia : 381
Logo Universitas Gajah Mada (UGM)Universitas Gajah Mada atau singkatnya UGM merupakan universitas negeri tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. Didirikan pada tanggal 19 Desember 1949. Berlokasikan di Kampus Bulaksumur Yogyakarta
Pada saat didirikan, Universitas Gajah Mada hanya memiliki 6 (enam) fakultas, teteapi sekarang sudah memiliki sekitar 18 Fakultas dan satu sekolah Pascasarjana, serta lebih dari 100 Program studi S-2, S-3, dan Spesialis.
Peringkat Perguruan Tinggi atau Universitas pada setiap Indikator:
Presence Rank : 22
Impact Rank : 142
Openness Rank : 888
Excellence Rank : 2002

0 komentar:

Posting Komentar